kebebasan

Finance is not about numbers nearly as much as it is about behavior

Keuangan bukan tentang angka, tetapi tentang perilaku

Karena belakangan banyak berita tentang korban penipuan investasi bodong, saya yang masih punya banyak banget utang ini ingin mengingatkan diri sendiri tentang kebebasan finansial. Sesorang yang telah memiliki kebebasan finansial secara sederhana diartikan sebagai orang yang telah memiliki passive income yang mencukupi untuk kebutuhan hidupnya sehari-hari. Jadi bukan kaum yang pamer Ferrari, Bugatti, foto-foto di Cappadocia, pamer di ATM nya ada milyaran, bukan… itu bukan orang yang telah memiliki kebebasan finansial, mereka kaum yang butuh banyak perhatian dan juga terapi dari pihak yang kompeten.

Ada beberapa tahapan menuju kebebasan finansial ini, saya ambil yang paling sederhana.

  • Literasi finansial : Pada tahap ini kita sudah melakukan financial check up secara rutin dan kita telah memiliki tujuan yang jelas dalam mengelola keuangan. Ditahap ini kita sudah mengenal diri dengan cukup baik untuk bisa menentukan strategi apa yang paling sesuai untuk kita agar bisa mencapai tujuan -tujuan finansial kita. Setiap orang memiliki kondisi keuangan dan profil risiko yang berbeda sehingga strategi yang diterapkan juga tidak sama.
  • Kemapanan finansial: Pada tahap ini kita sudah punya dana darurat dan asuransi yang cukup sehingga jika terjadi kondisi darurat, kita nggak stress dan bingung memikirkan mau cari uang darimana. Dalam tahap ini kondisi keuangan kamu sudah bisa dikategorikan aman.
  • Kemerdekaan finansial: Pada tahap ini, kamu dianggap sudah memiliki dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan, tidak perlu berutang kepada bank , pinjol, apalagi sama teman. kamu juga telah memiliki dana pensiun yang cukup. Singkatnya uang tidak lagi menjadi kendala untuk memenuhi kebutuhan kamu. Di tingkatan ini, kamu bisa bekerja sesuai dengan passion kamu, tidak lagi fokus dengan penghasilan yang akan didapat.

Perjalanan untuk menuju kebebasan finansial masih sangat panjang bagi saya, tetapi saya yakin saya terus menuju ke sana, langkah kecil yang dilakukan terus menerus pasti bisa mengantar kita ke tujuan. Amen.

Cheers, may you be happy and healthy

Karin Sabrina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s