Tabungan

Jelas tidaknya tujuan dari satu rencana memiliki pengaruh besar dari berhasil tidaknya eksekusi rencana itu, contohnya: menabung. Ah… hari ini kembali menulis soal pengaturan keuangan? yoih.. pertengahan bulan adalah waktu yang sangat tepat untuk menuliskan topik topik yang berkaitan dengan duit, karena seminggu lagi udah mau gajiaan… wuhuuuuu…. 😀 (mengingat kata gajian aja rasanya seneeng banget..hihihi).

Kenapa penting punya tujuan saat menabung? karena jika kamu menabung tanpa tujuan.. maka sangat besar kemungkinan tabungan kamu umurnya nggak panjang, paling seumur sayur kangkung. Jadi saat berpikir oke, tahun 2021 saya akan mulai menabung! Tidak ada satupun yang bisa menghalangi niat saya!! // Oke mbak, menabung untuk apa mbak? // Lah! Gimana sik.. kok pertanyaan nya aneh banget.. menabung kok untuk apa? ya biar punya dongs! Jadi saya itu sama dengan orang-orang lain yang punya tabungan. — No… please.. just don’t do this. Tujuan yang jelas akan memotivasi kita untuk tetap menabung di segala cuaca kehidupan, susah senang, sepi ramai, tenang rusuh, apapun yang terjadi.. kita tetap menabung.

Menurut saya, idealnya setiap orang memiliki tiga tipe tabungan, jangka panjang, menengah dan pendek. Tabungan jangka panjang versi saya adalah dana pensiun, inget ya.. di masa pensiun kita ngga punya gaji lagi, jika perusahaan tempat anda bekerja memberikan uang pensiun maka besaran-nya (rata-rata dari pensiunan yang saya kenal loh ini ya…) hanya sekitar 16% dari total gaji yang diterima ketika masih aktif… kan itu jumlah yang sangat imut yaa…Perusahaan tempat saya nyangkol juga tidak menyediakan uang pensiun, maka buat Saya pribadi mempersiapkan dana pensiun dari hari ini adalah mutlak perlu konkawan..

Tabungan jangka menengah versi saya adalah menabung untuk DP rumah atau Uang Pangkal Kuliah anak.. keduanya butuh biaya guedeee banget.. dan seberapapun yang sanggup kita sisihkan untuk tujuan seperti ini saya rasa akan sangat membantu. Sementara tabungan jangka pendek versi saya adalah untuk tabungan untuk beli skincare satu paket 😛 hihihi, liburan jenjalan, yaaa pokoknya untuk hal-hal yang bikin saya dan seluruh anggota keluarga hepiyeye.. karena menjalani kehidupan dengan segala problematika dan dinamika itu kan melelahkan ya, maka akan sangat ideal jika memang ada disisihkan untuk kebutuhan jenjalan hepiyeye ini, jangan pernah lupa : pikiran sehat datang dari kantong yang sehat! hihihihik.

Tahun 2021 ini saya fokus untuk tabungan dengan tujuan jangka panjang, persiapan dana pensiun, apakah karena tabungan jangka pendek dan menengah sudah beres? oh bukan… Untuk jangka pendek dan menengah harus diletakkan di kategori “ON HOLD” karena memang segala resources yang ada untuk tahun ini (dan sepertinya tahun 2022 juga) akan dipakai untuk melibas hutang hutang yang sudah tumbuh liar dan besar. Bagaimana saya menyiapkan dana pensiun? apakah dengan tabungan regular? deposito? atau investasi lain? ah.. itu topik lain waktu yak.

Cheers, karin Sabrina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s