Pensiun

Kira-kira.. kamu mau pensiun seperti apa? Tetiba Saya bertanya pada diri sendiri. Mungkin karena situasi tanggal tua, mungkin Juga Karena sedang melihat orang tua Saya (sudah pensiun +/- 17 tahun) sedang telponan santai dengan saudara jauh di lain Kota.

Yaa… Saya ingin pensiun seperti orang tua Saya si.. menjalani hari demi hari tergantung mood dan kondisi kesehatan. Tidur ketika ngantuk, makan ketika lapar, telponan dengan teman Dan saudara ketika rindu. Bebas hutang, tidak pernah punya credit card, terima uang pensiun, punya tabungan, punya passive income dari penyewaan rumah dan dia bisa beli Tas Bonia aselik yang lagi discount 30%, pake kartu debit. Hahayyyy… Sungguh Saya iri.

Apa dulu pas aktif, posisinya bos? Barangkali ada yang pengen tahu… Nggak sodara sodara… Orang tua Saya pensiun dengan golongan madya alias menengah alias bukan level manager alias biasa Aja. Yang bikin dia bisa hidup tenang di Masa tua adalah hidup sederhana, konsisten menabung dan investasi. Hihi… Kok ya jawaban yang standard banget yak…

Tapi ya memang begitu, dia hidup sederhana, dan kuat untuk tetap sederhana meski teman temannya tidak. Kuat untuk tetap tampil apa adanya meski secara financial dia mampu tampil dengan jauh lebih mentereng. Saya pribadi dulu merasa orang tua Saya peliit banget. Pernah Saya memohon sampe nangis nangis kepingin dibelikan Sepatu Doc-Mart (ah jadi ketauan Saya anak generasi kapan..hihi) dan dia dengan kalem bilang tidak.

Saat ini Saya masih jauuuh bangett dari kemapanan finansial pensiun ala orang tua Saya. Kalo orang tua bebas hutang, Saya? Hohoooo… Saya Aja takut melihat tumpukan hutang Saya. Orang tua punya tabungan… Saya? Ada sih tipis tipis halus… Hampir ga berasa… Hihik.. orang tua punya deposito dan properti rentalan.. Saya punya lagu despacito di henpon dan suka nge rental mobil kalo jalan keluar Kota. Beli Tas Bonia? Hahayyy Untuk nyicil pun nggak sanggup ..konon pake kartu debit .. 😁😁🤪🤪🤪

Tapi gapapa… Selama Kita punya tujuan, biasanya pasti Kita ketemu jalan yang menuntun Kita ke tujuan itu. Perjalanan Saya memang masih jauh… Banget… Tapi kan sudah ketemu jalannya. I will get there someday. Amen. And for you my dearest reader, if you are also in your path to a better financial situation… Keep going… You will get to your goal.

Cheers, Karin Sabrina.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s