Kerja


Kepada teman teman pencari kerja..

Di tengah gempuran berita anak – anak muda yang ntah bagaimana bisa sukses di usia 20 tahun dengan bisnes bisnes nya yang ntah bagaimana bisa langsung menggurita di seantero Indonesia bahkan di jagat raya inih.. ada juga anak muda, anak separuh baya, dan anak yang sudah berumur tua namun merasa muda zii… yang sibuk mencari pekerjaan.

untuk kamu lah tulisan ini saya persembahkan, mencari kerja bisa menjadi hal yang sangat menguras tenaga dan pikiran dan semua yang bisa di kuras dari dalam diri.. termasuk kepercayaan diri, keceriaan, dan pikiran positif bahwa hari ini adalah hari dimana saya mendapatkan offering letter.

Dear temen temen saya yang baik hatinya, yang buruk hatinya saya ga mau temenan, males… terlalu banyak pengalaman pahit yang telah saya lewati dengan orang yang buruk hati… contohnya waktu.. eh… saya sudah melantur lagi… hihi… baik kita ulangi, saya harus menyampaikan hal ini dengan baik dan benar.. jika toko online saja berani bilang jangan ada ongkir di antara kita maka sebagai penulis tunggal di blog ini saya ingin bilang jangan ada bias makna di antara kita..seehdaaap..

Teman teman saya yang baik hatinya, jika saat ini kamu sedang mencari kerja (termasuk yang sedang mengikuti tes CPNS) , dan setelah menabur lamaran dimana mana tetap belum ada hasilnya… maka bersabar lah. PLAK!! saya sudah lelah dengan segala penolakan ini, saya lelah membaca tulisanmu dan yang kamu bilang hanya ucapan klise: Sabar!!?? cih!

Saya mengerti… saya juga mengalami masa masa gelap mencari kerja, sepertinya semua pintu tertutup, dan saya juga ingin sekali mencubit pake tang kepada orang yang bilang “sabar” kepada saya.. Tetapi begini, bersabar juga berarti tidak putus asa dengan penolakan yang kita terima.. Jika kita tidak diterima di satu tempat, padahal sepertinya kualifikasi dan koneksi sudah memadai maka itu berarti bukan disana tempat kita. Itu bukan pintu kita, kibaskan poni dan kita cari pintu lain, pasti ada. Tidak pernah ada usaha yang sia sia.

Penolakan yang bercubi-cubi juga membuat kita mempertanyakan a.k.a meragukan kemampuan diri, ketika kamu merasa diri kamu kok bego banget ya… masa cari kerja aja gagal terus.. udah interview tapi ga dipanggil lagi… Camkan ini baik baik: ketidak mampuan orang lain untuk melihat potensi kamu, itu adalah masalah mereka. bukan kamu. Setiap kali kamu di tolak, anggaplah itu sebagai cara alam untuk menunjukkan pintu yang memang dibuat untuk kamu.

Dan yang paling penting, jangan menyerah.. tanyain sama abang, kakak, adik, saudara sepupu, teman sma, temen smp, temen kampus, dosen, sama mantan (eh tapi ga usahlah… nanti masalah kerjaan belum kelar adalagi masalah lain dari masa lalu yang belum kelar) intinya, tanya sama semua orang tentang pekerjaan yang kamu ingin, biarkan dunia tahu bahwa kamu sekarang sedang mencari pekerjaan. karena sesungguhnya rumus yang berlaku adalah:

Dalam mencari pekerjaan, yang paling penting bukan “apa yang kamu tahu; tetapi siapa yang kamu tahu”.

Cheers…

tetap semangat dan percayalah, pasti ada pekerjaan untuk kamu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s