Unplug

Saya un-install Facebook dari telepon pintar. Saya membatasi diri melihat dinding facebook hanya melalui laptop. Keinginan ini berawal dari membaca artikel soal Ed Sheeran yangmemutuskan tidak menggunakan telepon pintar selama setahun dengan alasan ingin menikmati dunia melalui kedua matanya dan bukan melalui layar telepun nya. Tadinya saya berpikir.. haha.. Ed Ed.. dasar anak anak, belum terlalu bijak dalam menggunakan social media.. zii.. seolah olah saya , di umur pertengahan 30an sudah bisa menggunakan social media dengan bijak ( slap!). Ed Sheeran mengatakan meng un-plug dirinya dari social media selama setahun memberi dampak yang sangat positif. Dia berhenti merokok, dia rutin berolahraga ( hal yang tak pernah dia lakukan sebelumnya) dan dia lebih fokus saat menulis lagu (lihatlah hebohnya lagu Shape of you, castle on the hill dan yang romantic banget what would you say , itu adalah lagu lagu luar biasa yang di buat setelah dia off dari social media selama setahun).

Saya sudah lama banget ( seriously.. lama banget) berjanji sama diri sendiri, libur kuliah semester ini akan rutin olahraga pagi, melunasi hutang buku ( buku buku yang sudah di beli/ di download tapi belum selesai / sempat dibaca), serius menggarap riset untuk karya ilmiah agar bisa di publikasi pada journal yang terindeks Scopus ( ziiii.. ), serius melakukan penghematan di segala lini kehidupan, lebih rajin beberes rumah, lebih cuek sama gossip gossip artis, lebih rajin menulis di blog, rajin coursera-an, lebih mengutamakan kebersihan , kerapihan, kenyamanan dan ramah tamah – apaaa siiihhh— yaaa pada intinya menggarap project project yang saya yakin jika di kerjakan akan menjadikan saya lebih dekat pada cita cita saya – menjadi orang yang lebih bahagia dalam kehidupan ini. Dan mengingkari janji ada diri sendiri adalah jalan pintas untuk kalah..

Manusia boleh berencana tetapi sesungguhnya media social sering menghancurkan rencana rencana ituh! Serius ini… Rencana untuk rutin olahraga? Hancur berkeping keping, berserakan, runtuh, ambruk setiap pagi. Selalu saya stel alarm jam 4 pagi, rencana nya sudah di susun rapi, olahraga selama satu jam, mandi, lalu menulis selama satu jam sambil minum teh panas tanpa gula dan roti tawar (juga tanpa gula) di oles margarine lalu di panggang.. sedemikian saya susun rencana untuk memulai hari, tetapi kenyataan nya jauh berbeda sodara sodaraaaa… Alarm tetap patuh berbunyi setiap jam 4 pagi, dan saya akan membuka mata, matikan alarm dan tidur lagi.. atau kalaupun saya tidak tidur lagi, saya buka facebook.. bayangkan…. Jam 4 pagi, yang konon disebut sebut sebagai golden period bagi ide ide luar biasa, waktu yang paling ideal untuk meditasi, olahraga, menulis, membaca, melamun, saya habiskan untuk membaca timeline facebook.. ya ampun… pasangan yang paling cocok sesuai dengan zodiac anda, 30 candaan untuk orang orang aneh, resep sarapan gampang untuk bunda, postingan foto temen yang lagi liburan atau makan enak, hal yang menarik dari kamu sesuai dengan zodiac kamu.. boff.. games untuk mengetes kepribadian, terungkap! Fakta mengejutkan dari pernikahan si anu dan si inu.. Bahkan sambil mengetik ini pun rasa malu karena menghabiskan waktu yang begitu sakral dengan hal-hal tersebut di atas …

Rencana saya yang lain tak berbeda jauh nasibnya, maka saya ingin bereksperimen mulai dari hari ini, Facebook saya un-install dari telepon pintar, saya akan mengecek facebook hanya dari laptop saja, dan mengingat tingkat kemalasan saya yang sulit ditandingi, saya merasa kecil sekali kemungkinan saya bangun jam 4 pagi untuk buka laptop dan memeriksa facebook. Ada penelitian ( selintas bacanya, lupa dilakukan dimana oleh siapa dengan metode apa) yang menyimpulkan ketika kita berpuasa dari medsos seminggu, maka kita akan jauh lebih bahagia. Ed Sheeran berpuasa med-sos selama setahun dan dia menjadi orang yang lebih sehat dan bahagia dan fokus.

Semoga semesta mendukung. Amen.

Ps. Tentu saya akan update kira kira seminggu ke depan, apa yang terjadi setelah saya un-install FB dari telepon pintar saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s