Belajar

Mungkin Karena ini tanggal tua, Saya ingin menuliskan tentang beberapa kesalahan saya dalam mengelola keuangan, Iya… Saya akan menuliskan beberapa saja, kebanyakan kalau semuanya 🀭🀭🀭. Tujuan Saya sederhana, Saya ingin anda terhindar dari kesalahan yang sudah Saya lakukan; Anda ingat pepatah sudah jatuh tertimpa tangga? Nah dalam keuangan, yang terjadi pada Saya adalah sudah keserimpet, keseleo, jatuh, ketimpa tangga, kesenggol alat berat caterpillar, lalu dapet E-mail Tagihan Kartu kredit πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†… Tragis tragis miris pokoknya.

Baik, Kita mulai, berikut daftar kesalahan saya:

  1. Tidak mencatat pengeluaran harian. Ini tindakan krusial. Kita tentu tahu pasti berapa pendapatan aktual dalam sebulan, tetapi Kita jarang mengakui berapa pengeluaran aktual Kita dalam sebulan. Pengeluaran harian harus dicatat secara detail, setiap hari, sehingga di akhir bulan Kita bisa melihat seberapa jauh Kita…eh ..Saya melampaui penghasilan yang sebenar-benarnya. Iyes, Karena kesalahan ini, Saya selalu dalam situasi lebih besar utang daripada kesanggupan membayar, lebih besar pasak daripada tiang, lebih besar napsu belanja daripada slip gaji. πŸ˜–πŸ˜–πŸ˜–
  2. Menunda menabung Dan berinvestasi. Saya lamaaaa sekali punya konsep bahwa Saya akan menabung kalau nanti sudah Ada uang yang bisa ditabung πŸ˜†πŸ˜†. Dan jujur, sampai sekitar 2 tahun Lalu, Saya tidak pernah berpikir soal investasi; Saya rasa yang berinvestasi itu tentulah semacam babang Elon Musk, tidaklah seperti Saya. Kenyataannya, Menabung Dan berinvestasi itu harus dilakukan seperti olahraga Dan diet, harus konsisten Dan Kita tidak bisa berharap hasilnya langsung terlihat. Saat ini Saya menabung Dan berinvestasi melalui instrumen reksadana – mulai 10 ribu rupiah seminggu (seriously!) Dan tabungan Emas- mulai dari 50 ribu rupiah seminggu. Terasa kecil banget? Apa gunanya tabungan sekecik itu? Yaaa justru Karena nilainya kecik, Saya jadi nggak tega bolos nabung, Dan Saya Juga nggak tergoda Untuk mencairkan tabungan tadi (kecuali kalo memang udah terpaksa banget mentok abis). Harapannya tentu, jika Saya terus konsisten Dan menahan diri Untuk tidak mengambil tabungan tadi sampai tiba waktunya, maka nilai yang sangat sedikit tadi pun sudah menjadi bukit. ☺️☺️.
  3. Tidak mempersiapkan Dana pensiun sejak awal bekerja. Untuk ini, memang sudah Ada potongan gaji tiap bulan dari Pemerintah Untuk Dana pensiun, tetapi akan sangat baik jika Kita sendiri Juga mempersiapkan Dana Untuk itu. Idealnya setelah pensiun, Dan tidak memiliki penghasilan tetap setiap bulan (tidak ada uang pensiun), Kita tetap bisa menikmati hidup dengan taraf yang nyaman seperti Saat masih bekerja. Jika pengeluaran Kita Saat aktif bekerja adalah 7 juta dalam sebulan, maka yaaa Saat pensiun nanti aggaplah Kita harus bisa mengeluarkan uang sebesar 7 juta setiap bulan, meski tidak lagi punya gaji. Saya agak terlambat memang, tapi ya gapapalah, daripada nggak sama sekali 🀭.
  4. Melakukan pembelian barang dengan kartu kredit – cicilan 0% selama 6 bulan Dan tidak mencatat seluruh cicilan. Begini, Kita nggak akan sanggup mengingat segala cicilan nya, Dan Untuk kesehatan mental serta menghindari kekagetan Saat melihat Tagihan Kartu, maka lakukan pencatatan lengkap dengan kapan tanggal estimasi selesai cicilan.
  5. Saya sering menghabiskan uang yang belum ditangan πŸ˜–πŸ˜–. Iya … Saya tahu akan dapat sekian dalam waktu 2 bulan kedepan, tetapi Hari ini Saya sudah pake uang itu ( dengan kekuatan cc tentunya) Lalu ketika uang itu betulan datang, Saya pake Untuk yang lain lagi, maka Tagihan cc terus Aja bertambah liar. Untuk pembaca Saya yang baik hati, Pakailah uang yang udah aktual ditangan ya.
Cheers πŸ₯‚, mudah-mudahan Kita semua dapat mengatur keuangan lebih baik Untuk Hari ini Dan seterusnya. 

Karin Sabrina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s